Saturday, October 3, 2009

Mungka dalam berita

Proyek PMPN Berhasil Pancing Inisiatif




Dok. foto: Peresmian jalan PNPM di Jorong Koto Baru, Nagari Mungka dan tokoh-tokoh PNPM Nagari Mungka.

Dua tahun sudah PNPM Mandiri berkiprah di Kecamatan Mungka. Diawali dengan program PNPM PPK tahun 2007, PNPM Mandiri Perdesaan pada tahun 2008 dan berlanjut dengan PNPM Mandiri Perdesaan tahun 2009. Tahun 2008 di Kecamatan Mungka terdapat tujuh kegiatan fisik yang tersebar pada tujuh wilayah usulan. Salah satunya adalah Jalan Rabat Beton dari Air Busuak-Lubuak Simato dari wilayah usulan Jorong Kampuang Tangah, Nagari Talang Maur, Mungka.

Kini kerja keras masyarakat itu tersahuti, ditandai dengan peresmian jalan yang telah dibangun selama 100 hari kerja itu. Acara peresmian ini dilangsungkan setelah Wabup Limapuluh Kota Irfendi Arbi membuka acara Buru Babi Sumbar-Riau-Jambi di Jorong Kampuang Tangah pagi kemarin. rfendi Arbi menyatakan, proyek PMPN dapat dijadikan sebagai acuan, dalam proses pembangunan yang menjunjung tinggi prinsip keberpihakan pada masyarakat miskin. Hal ini mengadopsi sistem pengembangan pembangunan yang bersifat desentralisasi yang bertitik tolak kepada kebutuhan dan besarnya aspek manfaat dirasakan masyarakat, tegas Irfendi Arbi.

Dari laporan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Jorong Kampuang Tangah disebutkan, dana untuk pembangunan jalan itu sebesar Rp318 juta lebih, dengan total swadaya masyarakat sebesar Rp25 juta. Pemanfaatan jalan ini secara de facto telah dirasakan oleh masyarakat terutama bagi anak-anak sekolah. ali Nagari Talang Maur Dr H Fahmi Rasyad SH menyebutkan, dengan selesainya jalan itu, otomatis akan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat dalam bidang perekonomian.

Jalan ini sudah lama didambakan masyarakat, karena jalan merupakan urat nadi perekonomian warga,ujar mantan Wali Kota Payakumbuh itu. Selain di Talang Maur, proyek yang sama juga dikembangkan di Simpang Abu yang merupakan salah satu lokasi Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Mungka. Program pemberdayaan ini memang baru dua tahun dikembangkan di Mungka, namun dengan binaan UPK Putera Niaga Mungka yang dikelola Afridal, Deni Asra dan Emlia Wiwitri, secara umum telah banyak dirasakan manfaatnya oleh segenap lapisan masyarakat. [*] Jonres Marianto - Padang Ekspres

No comments: