Sunday, August 8, 2010

Mungka Sabet Emas dan Juara Umum MTQ Tingkat Limapuluh Kota

image

Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, berhasil menjadi juara umum MTQ Nasional ke-34 tingkat Kabupaten Limapuluh Kota. Kecamatan ini meraih 8 emas, 4 perak dan 1 perunggu sehingga berhak memboyong tropy bergilir Bupati Limapuluh Kota serta tropy lepas dan hadiah lainnya.

Kecamatan Mungka yang dinahkodai Wal Asri ini mampu menumbangkan Kecamatan Pangkalan Koto Baru yang merupakan juara umum MTQ ke-33 tahun lalu.

Sementara, juara dua direbut Kecamatan Payakumbuh dengan 6 emas, 3 perak dan 3 perunggu, kemudian disusul Kecamatan Guguak dengan perolehan 5 emas, 3 perak dan 6 perunggu. Sedangkan Kecamatan Akabiluru yang merupakan tuan rumah MTQ ini harus puas pada posisi IV besar, yang diikuti Kecamatan Harau dan Kecamatan Situjuah Limo Nagari di posisi V dan VI.

Kecamatan Gunuang Omeh rangking VII, kemudian Kecamatan Suliki berada pada urutan ke-8, Kecamatan Kapur IX urutan ke-9, Kecamatan Bukik Barisan urutan ke-10, sementara Kecamatan Pangkalan Koto Baru posisi ke-11, Kecamatan Luak, dan Kecamatan Lareh Sago Halaban berada pada posisi terakhir.

Kecamatan Mungka termasuk salah satu kecamatan yang banyak mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan. Hebatnya seluruh cabang yang diikuti tersebut berhasil dinominasinya.

Kompetisi seni baca Alquran teramai yang dipusatkan di lapangan bola kaki Piladang ini diikuti oleh 472 peserta dari 13 kecamatan berjalan dengan baik dan sukses. Ini terlihat dari ramainya masyarakat yang menyaksikan masing-masing cabang yang diperlombakan.

MTQ yang digelar dari tanggal 1-4 Agustus 2010 di Kecamatan Piladang, ditutup secara resmi oleh  Wakil Bupati Limapuluh Ir, Irfendi Arbi, MP, kemaren. Dalam arahannya Ir. Irfendi Arbi mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-34 ini telah berjalan dengan baik.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, kita ucapkan selamat kepada para pemenang dan kepada para peserta yang belum berhasil jangan berkecil hati tapi jadikanlah MTQ kali ini sebagai keberhasilan yang tertunda dengan harapan pada MTQ ke 35 nantiknya  dapat  berprestasi lebih baik,” ujarnya.

Irfendi Arbi juga berpesan kepada seluruh camat di mana pelaksanaan MTQ di Kecamatan Akabiluru ini dapat dijadikan contoh, karena Kecamatan Akabiluru dengan Camatnya Arwital, S.Sos bersama ketua panitia wali nagari Koto Tangah Batu Hampa A.W. Dt. Bonsu Nan Elok karena berhasil mengantar para kafilah dalam meraih tiga sukses, yakni sukses pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses membumikan syiar agama Islam melalui MTQ.

“Pada tahun 2011 telah disepakati Kecamatan Luak sebagi tuan rumah MTQ ke-35 tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota,” tambah Irfendi Arbi. (SAIFUL) 
disadur dari: LimaLimapuluh Kota (www.korandigital.com)

Berita terkait klik.http://www.bakinnews.com/kabupaten/kab-limapuluh-kota/1236-ahmad-zakiudin-selamatkan-kecamatan-mungka-.html 

2 comments:

Drs.Hendra Triwarman said...
This comment has been removed by the author.
Drs.Hendra Triwarman said...

patent 100%